Peranan Teknologi Dalam Bidang Perbankan

Sebagaimana kita ketahui, teknologi informasi telah sejak lama ikut mewarnai dunia perbankan.kehadiran sistem online yang ditangani oleh teknologi komputer dan teknologi komunikasi memungkinkan nasabah mengambil uang dari kantor cabang dari bank yang sama yang berada dimana saja. Semakin berkembangnya jaman, sekarang sistem ini juga sudah dilengkapi dengan ATM (Anjungan Tunai Mandiri atau  Automatic Teller Machine).

ATM memungkinkan nasabah mengambil uang tanpa harus tergantung jam kerja bank atau bisa dibilang kita sebagai nasabah bisa mengambil 24 jam penuh kapan saja dan dimana saja di tempat ATM bank bersangkutan ada. Ekspansi ATM juga dilakukan dengan membuat ATM bersama yang memungkinkan nasabah sebuah bank mengambil uang di ATM bank lain.

Tak puas dengan layanan yang itu, pihak bank juga memberikan layanan dengan telepon, yang memperkenankan kita sebagai nasabah memeriksa saldo tabungan dan berinteraksi dengan mesin yang siap melayani kapan saja.

Dan tentunya bank tak berhenti sampai disitu. Dengan semakin banyaknya orang yang mengakses internet, nasabah mulai dimanjakan dengan banyaknya kemudahan dalam melakukan transaksi, misalnya melakukan transfer uang. Seorang mahasiswa yang menjadi nasabah bank hanya perlu duduk menghadap komputer yang ada di kamarnya, mengakses internet dan kemudian dengan mudah mentransfer uang untuk membayar uang kuliahnya ke rekening universitas tempat dia kuliah.

Dan dalam sekejap saja, dia sudah bisa membayar biaya kuliahnya. Tanpa harus pergi ke kampus dan mengantri untuk membayar. Dan enaknya lagi, dia bisa melakukannya kapan saja meski ditengah malam sekalipun.

Dan masih banyak lagi aplikasi dalam dunia perbankan yang memanfaatkan teknolgi. Dan sekarang ini banyak pihak bank yang sudah memberikan layanan sms banking kepada nasabahnya. Yang memungkinkan nasabahnya bisa melakukan transaksi hanya dengan melalui sms.

Itu adalah sekilas penjelasan tentang perana teknologi di bidang perbankkan. Baca juga artike yang lainnya yang menjelasankan tentang peranan teknologi di bidang lainnya seperti  perana teknologi di bidang pendidikan

Artikel terkait :


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes