Peranan Teknologi Dalam Bidang Pendidikan

Teknologi informasi juga telah membawa perubahan dalam bidang pendidikan. Kini telah ada sistem pengajaran berbasis multimedia (teknologi yang melibatkan teks, gambar, suara dan video) yang dapat menyajikan materi belajar yang lebih menarik, tidak monoton, mudah penyampaianya dan tentunya mudah dimengerti oleh setiap pelajar. 

Pelajar atau mahasiswa dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan memakai komputer yang berbasis multimedia. Dan sekarang ini telah banyak perankat lunak/software yang berbasis edutainnment yang merupakan perpaduan antara education(pendidikan) dan entertaiment (hiburan) yang bisa dipakai dalam sistem belajar berbasis multimedia ini.

Anda mungkin sudah mendengan kata e-learning. Sekarang ini, teknologi internet sudah berperan aktif dalam pendidikan melalui cara belajar e-learning atau pendidikan jarak jauh. Sekarang ini kuliah tidak harus dilaksanakan dengan melakukan interaksi antara mahasiswa dan dosen di dalam kelas, kuliah sekarang sudah bisa dilaksanakan dengan metode jarak jauh cukup dengan mengkases modol-modul yang disediakan oleh dosen yang bersangkutan. Begitu juga dengan pengiriman tugas dan diskusi para mahasiswa dapat melakukan dimana saja dan kapan saja.
]
Sekarng ini, sudah ada beberapa universitas yang melakukan unjian secara online. Jadi setiap mahasiswa ketika hendak ujian, mereka tidak harus datang ke kampus dengan memakai seragam ujian. Mereka hanya perlu mengkases internet saja dan bisa melakukan ujian online dimanapun mereka berada.

Itu adalah sekilas tentang peranan teknologi didalam bidang pendidikan. Baca juga artikel lainnya yang membahas tentang peranan dan perkembangan teknologi.

Artikel terkait :


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes