Mengenal Meta Tag


Mengenal Meta Tag

Anda tahu tentang meta tag? Bagi yang belum tahu, sekarang saatnya anda untuk mengetahuinya. Kali ini saya akan menjelaskan kepada anda tentang tiga jenis meta tag, yaitu meta tag description, meta tag keyword dan meta tag robots. Terus baca artikel ini ya...

Pertama, meta tag description . meta tag description ini digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai isi dari halaman website anda dan ukuranya tidak boleh lebih ari 200 karakter. Usahakan juga agar description ini bisa menjadi kalimat-kalimat yang letaknya di awal halaman web page yang bersangkutan. Contoh penulisan meta tag description adalah sebagai berikut:

<meta name=”description” content=”tutorial belajar komputer,membahas teknik-teknik untuk mahir dalam komputer”>.

Kedua, meta tag keyword. Meta tag keyword sangat penting keberadaanya, karena akan menentukan kata kunci apa yang bisa menemukan halaman web tersebut pada search engine. Sintak dasar dari meta tag keyword adalah sebagai berikut :

<meta name=”keywords” content=”keyword1 keyword2 keyword3....”>

Dan ada juga yang menuliskan dengan tanda koma sebagai pemisah :

<meta name=”keywords” content=”keyword1, kerword2,  keyword3,...”>

Kedua meta keyword diatas berfungsi sama dan tidak ada pengaruhnya pada search engine. Tujuan dari pemakaian tanda koma agar keyword-keyword tersebut lebih mudah untuk dibaca. Yang perlu anda perhatikan disini adalah jangan mengulang satu kata lebih dari tiga kali, karena akan dianggap spamming. 

Berikut adalah contoh pemakaian meta keyword yang salah :

<meta name=”keywords” content=”pulsa, pulsa murah, jual pulsa murah, deler pulsa murah, jual pulsa”>

Anda bisa melihat bahwa kata “pulsa”, diulang lebih ari tiga kali dan itu akan dianggap spamming oleh search engine.

Berikut adalah contoh yang tidak dianggap spamming oleh search engine :

<meta name=”keywords” content=”sebuah web yang menjual pulsa dengan harga murah”>

Anda juga harus perhatikan. Anda jangan membuat keyword yang tidak ada hubungannya dengan isi halaman web anda, karena hal ini juga akan dianggap spamming.

Yang ketiga, Meta Tag Robots. Tujuan utama penggunaannya adalah untuk menentukan halaman web yang mana bisa di-index oleh spider dan halaman web yang amna yang tidak di index. Tag ini sangat berguna jika website anda memakai frame untuk navigasinya. Tentunya anda tidak ingin menu-menu dalam frame untuk dibaca oleh search engine. 

Format dasar dari meta tag robots adalah sebagai berikut :

<meta name=”robots” content=”index | noindex | follow | nofollow”>

Contohnya, jika anda ingin agar spider membaca main page, dan menelusuri semua link yang ad maka tambahkanlah perintah berikut ini :

<meta name=”robots” content=”index follow”>

Nah, denganperintah tadi, spider akan meng-index main page anda dan menjadwalkan untuk meng-index halaman-halaman lain yang bisa dicari melalui hyperlink (<a href=””>).

Selanjutnya, perintah berikut ini akan mengintruksikan agar spider tidak meng-index maupun menelusuri lilnk yang ada pada suatu halaman web.

<meta name=”robots” conten=”noindex nofollow”>

Oke, itu tadi penjelasan mengenai meta tag description, meta tag keyword dan meta tag robots. Jika anda belum tahu tempat posisi meta tag pada halaman website anda, sebaiknya anda coba buka/edit halaman website anda menggunakan FrontPage kemudian anda bisa lihat letaknya pada tampilam HTMLnya.


Artikel terkait :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes